RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMK YAPIS FAKFAK
Mata Pelajaran : Simulasi
Digital
Kelas/Semester : X / 1
Materi
Pokok : Mengidentifikasi jejaring sosial
pendidikan
Alokasi
Waktu : 2 × 45 menit
A. Kompetensi
Inti :
2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan factual, konseptual, dan procedural dalam
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4. mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindaj
secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
B. Kompetensi
Dasar
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa atas pemberian
amanah untuk mengelola administrasi keuangan entitas
1.2. Mengamalkan
ajaran agama dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan
informasi keuangan yang mudah dipahami, relevan, andal dan dapat
diperbandingkan
2.1. Memiliki
motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran etika
profesi
2.2. Menunjukkan
perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong) dalam
melakukan pembelajaran sebagai bagian dari professional
2.3. Menghargai kerja individu dan kelompok
dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap kerja
3.1. Mengidentifikasi
jejaring sosial pendidikan
4.1. Melakukan
pendaftaran
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Terlibat aktif dalam pembelajaran mengidentifikasi
jejaring sosial pendidikan.
2. Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
3. Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda
dan kreatif.
4. Menunjukkan perilaku ilmiah
5. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran mengidentifikasi jejaring sosial
pendidikan
6. Menjelaskan kembali tentang mengidentifikasi
jejaring sosial pendidikan
7. Melakukan pendaftaran
D Materi Pembelajaran
Mengidentifikasi
jejaring sosial pendidikan
Jejaring
sosial adalah suatu struktur
sosial yang dibentuk
dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin
dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan,
dll.
Analisis
jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan.
Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah
hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul.
Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan
jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan
cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan
seorang individu dalam mencapai tujuannya.
Dalam
bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua
ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula
digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering
digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik
dan ikatan sebagai garis penghubungnya
Beberapa contoh
situs web jejaring sosial:
Analisis jejaring
sosial internasional:
·
(Inggris) Center for Computational Analysis
of Social and Organizational Systems (CASOS) at Carnegie Mellon
Jejaring
Sosial atau Media Sosial (Social Media), secara umum dapat memberikan
kemanfaatan dalam bidang pendidikan, asalkan dipergunakan secara positif dan
tepat. Baik bagi jenjang pendidikan mulai dari bangku sekolah hingga
kuliah, atau lainnya yang berkaitan. Ada pulajejaring sosial atau situs pertemanan yang secara
khusus bertemakan mengenai pendidikan. Lebih spesifik dengan
fitur-fitur yang telah disesuaikan. Agar dapat dipergunakan sebagaimana
mestinya. Berikut ini adalah beberapa jejaring sosial yang bertemakan
pendidikan, baik besutan dalam negri maupun luar negri.
1. ThinkQuest
Oracle
Thinkquest adalah sebuah situs web pembelajaran yang disponsori oleh Oracle Education Foundation.
Situs web ini dikhususkan untuk pelajar dari Sekolah Dasar hingga Sekolah
Menengah Atas serta para guru yang mendampingi mereka. Review Selengkapnya…
2. Geschool
Geschool
adalah website jejaring sosial yang berbasis pendidikan. Sebagaimana jejaring
sosial lainnya, geschool.net bertujuan
untuk pertemanan dengan berbagai fiturnya. Geschool.net menggabungkan
kemampuan jejaring sosial Facebook dan Twitter sehingga sangat layak untuk
menjadi media sosial baik pelajar maupun masyarakat secara luas. Review
selengkapnya…
3. Hoodemia
Hoodemia
dikembangkan oleh Pusat Ilmu Komputer (Pusilkom) Universitas Indonesia (UI) dan
mungkin merupakan sedikit dari jejaring sosial yang terafiliasi secara resmi
dengan institusi pendidikan. Review
selengkapnya…
Sekolah
Juara adalah sebuah layanan yang membantu sekolah untuk mengelola lembaganya.
Melalui Sekolah Juara, Kepala Sekolah dapat menjalankan fungsi manajerialnya
secara lebih rapi, terencana, akuntabel, dan aman. Sebab, Sekolah Juara
menyediakan layanan program manajemen sekolah yang dioperasikan secara online,
yang dengannya kepala sekolah didukung untuk mengimplementasikan sistem
Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) sebagai bagian dari otonomi pendidikan yang
dicanangkan oleh pemerintah. Review selengkapnya…
SIAPKU
adalah Jejaring Sosial Pendidikan Indonesia sebagai media berbagi beragam
informasi tugas, berita, pengumuman, kegiatan hingga berkas (file) antara
Sekolah, Siswa, Guru dan para Ortu/Wali Siswa. Review
selengkapnya…
6. Jibas
JIBAS
singkatan dari Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah. jaringan yang
dibentuk JIBAS akan menggabungkan fitur dan layanan berupa komunitas + konten +
informasi + hiburan, mirip gabungan Facebook + Google + Yahoo + Wikipedia
tetapi khusus untuk pendidikan Indonesia. Review selengkapnya…
E. Model/Metode
Pembelajaran
Pendekatan
pembelajaran adalah pendekatan saintifik (scientific).
Pembelajaran koperatif (cooperative learning)
menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem-based learning).
F. Kegiatan
Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
1. Peserta didik merespon salam
2.
Salah seorang peserta
didik memimpin berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
3.
Memeriksa kehadiran siswa
4.
Peserta didik
mendapatkan motivasi
5.
Pendidik
menyampaikan apersepsi dan kerangka acuan tentang rencana pembelajaran yang
akan dilakukan
6.
Peserta didik menyepakati
kegiatan yang akan dilakukan
|
10
menit
|
|
Inti
|
1.
Mengamati
·
Diberikan ilustrasi / tayangan / gambar tentang Mengidentifikasi jejaring sosial pendidikan
·
mempelajari
berbagai sumber bacaan tentang Mengidentifikasi jejaring sosial pendidikan
2.
Menanya
·
berdiskusi
untuk mendapatkan klarifikasi tentang Mengidentifikasi jejaring sosial pendidikan
3.
Mengeskplorasi
·
mengumpulkan berbagai informasi tentang Mengidentifikasi jejaring sosial pendidikan
4.
Asosiasi
· menguraikan
kembali informasi yang diperoleh tentang Mengidentifikasi jejaring sosial pendidikan
· menyimpulkan
dari keseluruhan materi
5.
Komunikasi
· memberikan
pendapat, masukan, tanya jawab selama proses diskusi.
|
70
menit
|
|
Penutup
|
1.
Siswa diminta
menyimpulkan materi mengidentifikasi jejaring sosial pendidikan
2.
Dengan bantuan
presentasi komputer, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan
disimpulkan mengenai Mengidentifikasi jejaring sosial pendidikan .
3.
Guru memberikan
tugas mengobseravsi kemudian mengevaluasi tentang Mengidentifikasi jejaring
sosial pendidikan
4.
Guru mengakhiri
kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
5.
Mengucapkan salam
M
M
|
10
menit
|
G. Alat/Media/Sumber
Pembelajaran
1.
Komputer / netbook / Laptop dan
LCD Proyektor
2.
Bahan tayang
3.
Lembar penilaian
H. Penilaian
Hasil Belajar
1.
Teknik Penilaian : pengamatan, tes tertulis
2.
Prosedur Penilaian:
|
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
|
1.
|
Sikap
·
Terlibat aktif
dalam pembelajaran Mengidentifikasi jejaring sosial pendidikan .
·
Bekerjasama dalam
kegiatan kelompok.
·
Toleran terhadap
proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
|
2.
|
Pengetahuan
·
Menjelaskan
kembali pengertian dan manfaat Mengidentifikasi jejaring sosial pendidikan .
|
Pengamatan dan tes tertulis
|
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
|
|
3.
|
Keterampilan
·
Mampu
mengevaluasi Mengidentifikasi jejaring sosial pendidikan ..
|
Pengamatan
|
Penyelesaian
tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
|
I. Instrumen
Penilaian Hasil belajar
Terlampir
Tes tertulis
Mata Pelajaran : Simulasi Digital
Kelas/Semester : X / 1
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Kompetensi dasar : 3.1. Menjelaskan mengidentifikasi jejaring sosial
pendidikan
Indikator : 1. Menjelaskan kembali tentang
mengidentifikasi jejaring sosial pendidikan
Soal :
1.
Jelaskan pengertian jejaring
sosial ?
2.
Sebutkan beberapa
contoh situs web jejaring sosial!
3.
Jelaskan
3 jejaring sosial yang bertemakan
pendidikan, baik besutan dalam negri maupun luar negri !
RUBRIK PENILAIAN
|
No.
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
|
1.
|
3
|
|
|
2.
|
3
|
|
|
3.
|
1. ThinkQuest
Oracle Thinkquest adalah sebuah
situs web pembelajaran yang disponsori oleh Oracle
Education Foundation. Situs web ini dikhususkan untuk pelajar dari
Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas serta para guru yang mendampingi
mereka.
2. Geschool
Geschool adalah website
jejaring sosial yang berbasis pendidikan. Sebagaimana jejaring sosial
lainnya, geschool.net bertujuan untuk pertemanan dengan
berbagai fiturnya. Geschool.net menggabungkan kemampuan jejaring
sosial Facebook dan Twitter sehingga sangat layak untuk menjadi media sosial
baik pelajar maupun masyarakat secara luas.
Sekolah Juara adalah sebuah
layanan yang membantu sekolah untuk mengelola lembaganya. Melalui Sekolah
Juara, Kepala Sekolah dapat menjalankan fungsi manajerialnya secara lebih
rapi, terencana, akuntabel, dan aman. Sebab, Sekolah Juara menyediakan
layanan program manajemen sekolah yang dioperasikan secara online, yang
dengannya kepala sekolah didukung untuk mengimplementasikan sistem Manajemen
Berbasis Sekolah (MBS) sebagai bagian dari otonomi pendidikan yang
dicanangkan oleh pemerintah.
|
2
2
2
|
|
Skor maksimum
|
12
|
|
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN
SIKAP
Mata Pelajaran : Simulasi Digital
Kelas/Semester : X / 1
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Kompetensi dasar :
2.1. Memiliki
motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran etika profesi
2.2. Menunjukkan
perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong) dalam
melakukan pembelajaran sebagai bagian dari professional
2.3. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap kerja
Indikator :
1.Terlibat aktif dalam
pembelajaran mengidentifikasi jejaring sosial pendidikan .
2.Bekerjasama dalam kegiatan
kelompok
3.Toleran terhadap proses
pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Rubrik Penilaian Sikap
|
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
||
|
1
|
2
|
3
|
||
|
1
|
aktif
dalam pembelajaran
|
sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
|
sudah ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
|
sudah ambil bagian
dalam pembelajaran secara terus
menerus dan ajeg/konsisten
|
|
2
|
bekerjasama
dalam kegiatan kelompok
|
sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam
kegiatan kelompok
|
sudah bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
|
Sudah bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten
|
|
3
|
toleran
terhadap proses pemecahan masalah
|
sama
sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda
dan kreatif
|
sudah
toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi
masuih belum ajeg/konsisten.
|
Sudah
toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara
terus menerus dan ajeg/konsisten.
|
|
Skor Maksimum
|
9
|
|||
Penilaian
Sikap
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan.
|
No
|
Nama
Siswa
|
Sikap
|
Skor
|
||||||||
|
Aktif
|
Kerjasama
|
Toleran
|
|||||||||
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
|
1
|
…………………………………..
|
||||||||||
|
2
|
…………………………………..
|
||||||||||
|
3
|
…………………………………..
|
||||||||||
|
4
|
…………………………………..
|
||||||||||
|
….
|
Dst
|
||||||||||
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN
KETERAMPILAN
Mata Pelajaran : Simulasi Digital
Kelas/Semester : X / 1
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Kompetensi dasar :
4.1. Melakukan Pendaftaran
Indikator :
5.Siswa dapat melakukan
pendaftaran jejaring sosial pendidikan
Pendaftaran Jejaring Sosial
Pendidikan
1.Menghidupkan Laptop
:
a.Tekan tombol power pada laptop
b.Tunggu sampai keluar tampilan Deskstop
2.Melakukan pendaftaran jejaring sosial pendidikan
3.Mematikan Laptop
a.Sesuaikan
dengan langkah nomal mematikan komputer
b.Tutup
laptop setelah benar – benar kondisi mati
Hasil Evaluasi :
........................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................
Waktu Pengamatan :
Indikator terampil : mampu menerapkan konsep/prinsip
dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan melakukan pendaftaran jejaring sosial pendidikan:
1.
Kurang
terampil jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep / prinsip dan
strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan melakukan pendaftaran jejaring sosial pendidikan.`
2.
Terampiljika menunjukkan sudah ada
usaha untuk menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan melakukan pendaftaran jejaring sosial pendidikan
tetapi belum tepat.
3.
Sangat terampill,jika menunjukkan adanya
usaha untuk menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan melakukan pendaftaran jejaring sosial pendidikan dan sudah tepat.
Penilaian
Ketrampilan
|
NO
|
NAMA
SISWA
|
Ketrampilan
|
TOTAL
|
SKOR
|
||||||||
|
Menguasai
Komputer
|
Menguasai
Internet
|
Melakukan Pendaftaran
|
||||||||||
|
KT
|
T
|
ST
|
KT
|
T
|
ST
|
KT
|
T
|
ST
|
||||
|
1
|
||||||||||||
|
2
|
||||||||||||
|
Dst
|
||||||||||||
Keterangan:
KT : Kurang terampil / Isi dengan angka 1
T : Terampil / Isi dengan angka 2
ST : Sangat terampil / Isi dengan angka 3
Total
Skor =
------------- x 10
9
|
Mengetahui,
Kepala
SMK YAPIS FAKFAK
SUMARWAN, S.Pd
NIP. 19680814 199501 1 001
|
Fakfak,
September 2014
Guru
Mata Pelajaran
SYAHBAN BAKRI, S.Pd. M.M
NIP. 19830610 200909 1 001
|






Tidak ada komentar:
Posting Komentar