bagi teman teman yang masih bingun dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pemblejaran (RPP) Khusus Kurikulum 2013, berikut ini akan saya sajikan sebagai bahan referensi teman teman:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMK YAPIS FAKFAK
Mata pelajaran : KomputerisasiAkuntansi
(C3)
Kelas/Semester : X / 1
Materi Pembelajaran : Menyiapkan Data
Awal
Alokasi Waktu : 6 Pertemuan ( 3 x
45 menit )
A.
Kompetensi Inti (KI)
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prose-dural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas pemberian amanah untuk
mengelola administrasi keuangan entitas.
1.2. Mengamalkan ajaran agama dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan
teknologi untuk menghasilkan informasi keuangan yang mudah dipahami, relevan,
andal dan dapat diperbandingkan.
|
|
2.
|
2.1.
Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan memahami pengetahuan dasar tentang
komputer akuntansi.
2.2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, responsif dan pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif dalam lingkungan sosial sesuai dengan prinsip etika profesi bidang
komputer akuntansi.
2.3.
Menghargai kerja individu dan kelompok
serta mempunyai kepedulian yang tinggi dalam menjaga keselarasan lingkungan
sosial, lingkungan kerja dan alam.
|
|
3
|
3.1. Menjelaskan
konsep komputerisasi akuntansi dan spesifikasi sistem komputer yang
diperlukan untuk menginstal program aplikasi komputer akuntansi yang dipilih.
3.2. Mendeskripsikan proses
pembuatan file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa
|
3.1.1. Mengidentifikasi SpesifikasiKomputer yang
diperlukan dalam menginstal Program Aplikasi Komputer
3.1.2. Mengidentifikasi Jenis-Jenis Program
Komputerisasi Akuntansi
3.2.1 memahami Proses Pembuatan File data
akuntansi baru untuk perusahaan jasa
3.2.2. Dapat mengecek Informasi perusahaan
|
4
|
4.1.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1.1.
Menginstal
program aplikasi komputer akuntansi pada sistem komputer
yang telah dipersiapkan.
4.1.2. Membuat
file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa
4.1.3. Dapat mengecek Informasi Perusahaan
|
C.
Deskripsi Materi Pembelajaran
Lingkup uraian materi pada kegiatan
belajar 1 ini meliputi:
1.
Instalasi Program MYOB
2.
Menu Format Tanggal dan Simbol Mata Uang
3.
Penyesuaian Format Tanggal dan Simbol Mata Uang
4.
Pembuatan File Data Baru
5. Pengecekan Informasi Perusahaan
D.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
1.
Salah seorang
peserta didik memimpin berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing.
2.
Peserta didik
dan pendidik melakukan curah pendapat tentang program Aplikasi Komputerisasi Akuntansi
3.
Pendidik
menyampaikan tujuan pembelajaran.Peserta
didik menyepakati kegiatan yang akan dilakukan.
2.
Kegiatan Inti
1.
Mengamati
·
Mempelajari
buku teks dan sumber lain tentang materi pokok yaitu tentang
instalsi program MYOB, cara merubah format tanggal sertacara pembuatan file
baru dan informasi perusahaan
·
Menyimak
tayangan/demo tentang materi pokok
2. Menanya
merumuskan pertanyaan untuk
mengidentifikasi masalah terkait dengan materi pokok baik itu tentang
kendala
3. Mengeskplorasi
·
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan
solusi masalah terkait materi pokok
4. Mencoba
·
Mempraktekkan
langkah-langkah pemecahan masalah didasarkan pada solusi yang ditentukan
·
Memilih
alternatif pemecahan masalah lainnya
5. Menyimpulkan
·
Membuat
kesimpulan tentang masalah dan solusinya
·
Mengaitkan
dengan konsep dan masalah lainnya
3.
Kegiatan Penutup
1.
Peserta
didik membuat rangkuman.
2.
Peserta
didik dengan panduan pendidik melakukan refleksi, misalnya mereviu bagian mana
yang perlu dijelaskan lebih lanjut.
3.
Peserta
didik mencatat informasi tentang tugas untuk
pertemuan Selanjutnya
4.
Salah
seorang peserta didik memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.
E.
Penilaian
1. Teknik penilaian (terlampir)
2.
Instrumen penilaian dan pedoman penskoran (terlampir)
F.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media : Persentasi bahan Ajar
2. Alat
: Laptop dan LCD
3. Sumber
Belajar :
a)
Buku
Siswa Komputer
Akuntansi Kelas XI Kementerian Pendidikan dan
kebudayaan Republik Indonesia, 2013
b) Buku Guru Komputer Akuntansi Kelas XI
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan
Republik Indonesia, 2013
Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik Penilaian : pengamatan, tes tertulis
2. Prosedur Penilaian:
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
1.
|
Sikap
Terlibat aktif dalam pembelajaran tentang konsep komputerisasi akuntansi
dan spesifikasi sistem komputer yang diperlukan untuk menginstal program
aplikasi komputer akuntansi yang dipilih, mendiskripsikan proses pembuatan file data akuntansi baru untuk
perusahaan jasa
Bekerjasama dalam kegiatan
kelompok.
Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
Menjelaskan kembali konsep
komputerisasi akuntansi dan spesifikasi sistem komputer yang diperlukan untuk
menginstal program aplikasi komputer akuntansi yang dipilih dan
mendiskripsikan proses pembuatan file data
akuntansi baru untuk perusahaan jasa
|
Pengamatan dan tes tertulis
|
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
|
3.
|
Keterampilan
Mampu mengevaluasi tentang konsep komputerisasi akuntansi
dan spesifikasi sistem komputer yang diperlukan untuk menginstal program
aplikasi komputer akuntansi yang dipilih, dapat membuat file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa serta
dapat mengecek informasi perusahaan
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok)
dan saat diskusi
|
J. Instrumen Penilaian Hasil belajar
Terlampir
Tes
tertulis
Mata Pelajaran : Komputer Akuntansi
Kelas/Semester : X / 1
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Kompetensi dasar :
3.1.
Menjelaskan
konsep komputerisasi akuntansi dan spesifikasi sistem komputer yang diperlukan untuk menginstal program aplikasi
komputer akuntansi yang dipilih.
3.2.
Mendeskripsikan
proses pembuatan file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa
4.1
Menginstal
program aplikasi komputer akuntansi pada sistem komputer yang telah
dipersiapkan.
Indikator
:
1.
Unsur-unsur yang saling
mempengaruhi dalam sistem
komputerisasi akuntansi:
a. Softwares, Hardwares, Program Applications,
Inputs dan Outputs.
b. Hardwares, Softwares, Input, dan Outputs
c. Softwares, Hardwares, Brainwares, inputs dan
Outputs.
d. Input, Hardwares, Softwares, Process, dan
Output.
e. Hardwares, Program Aplication, inputs dan
Outputs.
2. Program MYOB termasuk kelompok:
a. Input dan Output
b. Hardwares
c. Process
d. Softwares
e. Brainwares
3. Format tanggal program MYOB Sejak awal
adalah:
a. YYYY/MM/DD
b. DD/MM/YYYY
c. MM/DD/YYYY
d. YYYY/DD/MM
e. MM/YYYY/DD
4. Menu yang digunakan untuk pembuatan file data
bisnis baru:
a. Explore
b. What’s New
c. Open
d. Create
e. Exit.
5. Kolom informasi perusahaan yang harus diisi
(tidak boleh kosong):
a. Serial Number
b. Company Name
c. Address
d. Phone and fax number
e. Email Address.
6. Yang dimaksudkan dengan Current Financial
Year:
a. Periode akuntansi yang sedang berjalan
b. Periode akuntansi yang akan datang
c. Periode akuntansi yang lalu
d. Periode akuntansi selama perusahaan
beraktivitas
e. Periode akuntansi tertentu.
7. Yang dimaksud dengan Last Month of Financial
Year:
a. Bulan awal dari periode akuntansi
b. Bulan awal dan akhir dari periode akuntansi
c. Bulan akhir dari periode akuntansi
d. Akhir bulan (Desember) dari periode akuntansi
e. Akhir bulan (Januari) dari periode akuntansi
8. Yang dimaksud dengan Conversion Month:
a. Bulan saat terjadinya transaksi keuangan
b. Bulan pertama digunakan komputer akuntansi
c. Bulan awal periode akuntansi yang berjalan
d. Bulan akhir periode akuntansi yang berjalan
e. Bulan pergantian periode akuntansi
9. Jika
perusahaan menggunakan jumlah
periode 13 bulan,
maka bulan ke-13 khusus untuk:
a. Mencatat transaksi bulan Desember
b. Mencatat transaksi awal periode
c. Mencatat transaksi penyesuaian (adjustment)
d. Mencatat transaksi kesalahan
e. Mencatat rekonsiliasi akun-akun tertentu
10. Nama file data bisnis harus unik, artinya:
a. Nama file harus mudah diingat
b. Nama file harus mudah ditemukan atau dicari
c. Nama file harus spesifik tidak ada yang
menyamai
d. Nama file harus sama digunakan berkali-kali
e. Nama file disimpan di folder khusus
RUBRIK
PENILAIAN
No.
Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
|
C
|
1
|
2.
|
D
|
1
|
3.
|
C
|
1
|
4.
|
D
|
1
|
5.
|
B
|
1
|
6.
|
A
|
1
|
7.
|
C
|
1
|
8.
|
B
|
1
|
9.
|
C
|
1
|
10.
|
C
|
1
|
Skor maksimum
|
10
|
|
LEMBAR
PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran : Komputer Akuntansi
Kelas/Semester : X / 1
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Kompetensi dasar :
2.1.
Memiliki motivasi internal dan menunjukkan
rasa ingin tahu dalam menemukan dan memahami pengetahuan dasar tentang komputer
akuntansi.
2.2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, responsif dan pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif dalam lingkungan sosial sesuai dengan prinsip etika profesi bidang
komputer akuntansi.
Indikator
:
1.Terlibat aktif dalam pembelajaran Komputerisasi
Akuntansi.
2.Bekerjasama dalam kegiatan kelompok
3.Toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif.
Rubrik
Penilaian Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
aktif dalam pembelajaran
|
sama sekali tidak ambil bagian dalampembelajaran
|
sudah ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum
ajeg/konsisten
|
sudah ambil bagian dalam pembelajaran
secara terus menerus dan ajeg/konsisten
|
2
|
bekerjasama dalam kegiatan kelompok
|
sama sekali tidak berusaha untukbekerjasama dalam kegiatan kelompok
|
sudah bekerjasama
dalam kegiatan kelompok tetapi
masih belum ajeg/konsisten.
|
Sudahbekerjasama dalam kegiatan
kelompoksecara terus menerus dan ajeg/konsisten
|
3
|
toleran terhadap proses pemecahan masalah
|
sama sekali tidak bersikap toleranterhadap proses
pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
|
sudah ttoleranterhadap proses pemecahan masalah yang
berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
|
Sudah toleranterhadap proses pemecahan masalah
yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
|
Skor Maksimum
|
9
|
|||
Penilaian Sikap
Bubuhkan
tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
Skor
|
||||||||
Aktif
|
Kerjs sama
|
Toleran
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1
|
…………………………………..
|
||||||||||
2
|
…………………………………..
|
||||||||||
3
|
…………………………………..
|
||||||||||
4
|
…………………………………..
|
||||||||||
….
|
Dst
|
||||||||||
Total
Skor
= ------------- x 10
9
LEMBAR
PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran : Komputer Akuntansi
Kelas/Semester : X / 1
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Kompetensi dasar :
4.1 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Indikator
:
4.1.1.
Menginstal
program aplikasi komputer akuntansi pada sistem komputer yang
telah dipersiapkan.
4.1.2. Membuat
file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa
4.1.3.
Dapat mengecek
Informasi Perusahaan
Buatlah file data baru menggunakan program MYOB
versi18 untuk perusahaan jasa Rio Interior Design (lihat Kasus 2 di Lembar Kerja
Peserta Didik), dengan rincian sebagai berikut:
Instruksi:
1.
Tes ini dikerjakan secara individu, tidak dibenarkan
dikerjakan oleh peserta didik secara berkelompok.
2.
Pada akhir waktu
tes diminta setiap
peserta didik menyerahkan hasil pekerjaannya dalam bentuk
file.
3.
Tugas 1, Menginstal Program MYOB 18
4.
Tugas 2. mencatat identitas perusahaan secara lengkap.
5.
Tugas 3, menetukan periode akuntansi.
6.
Tugas 4, menentukan nama folder (My Documents/Data
MYOB 18 dan nama file RIOD-nama peserta didik masing-masing.
Hasil Evaluasi :
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
Waktu Pengamatan :
Indikator terampil : mampu Menginstal program
aplikasi komputer akuntansi pada sistem komputer yang telah dipersiapkan.,Membuat
file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa dan Dapat
mengecek Informasi Perusahaan
1. Kurang
terampil jika sama sekali tidak dapat Menginstal program aplikasi komputer akuntansi pada
sistem komputer yang telah dipersiapkan.,Membuat
file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa dan
Dapat mengecek Informasi Perusahaan
2. Terampiljika menunjukkan sudah ada usaha untuk menerapkan Menginstal program aplikasi komputer
akuntansi pada sistem komputer yang telah dipersiapkan.,Membuat
file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa dan
Dapat mengecek Informasi Perusahaan tetapi belum
tepat.
3. Sangat terampill,jika menunjukkan adanya usaha untuk Menginstal
program aplikasi komputer akuntansi pada sistem komputer yang telah
dipersiapkan.,Membuat file data akuntansi baru untuk
perusahaan jasa dan Dapat mengecek Informasi Perusahaan dan sudah tepat.
Penilaian
Ketrampilan
NO
|
NAMA SISWA
|
Ketrampilan
|
Total
|
Skors
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||||||||
KT
|
T
|
ST
|
KT
|
T
|
ST
|
KT
|
T
|
ST
|
KT
|
T
|
ST
|
||||
1
|
|||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||
Dst
|
|||||||||||||||
Keterangan:
KT
: Kurang terampil / Isi dengan angka 1
T
: Terampil / Isi dengan angka
2
ST
: Sangat terampil / Isi dengan angka 3
Total
Skor
= ------------- x 10
12
Mengetahui,
Kepala SMK
YAPIS FAKFAK
SUMARWAN, S.Pd
NIP. 19680814
199501 1 001
|
Fakfak,
September 2014
Guru Mata
Pelajaran
SYAHBAN BAKRI,
S.Pd. M.M
NIP. 19830610
200909
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar