Kamis, 02 Oktober 2014

RPP KOMPUTERISASI AKUNTANSI (C3)

Salam Kurikulum 2013

bagi teman teman yang masih bingun dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pemblejaran (RPP) Khusus Kurikulum 2013, berikut ini akan saya sajikan sebagai bahan referensi teman teman:


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                     : SMK YAPIS FAKFAK
Mata pelajaran                          : KomputerisasiAkuntansi (C3)
Kelas/Semester                         : X / 1
Materi Pembelajaran                 : Menyiapkan Data Awal
Alokasi Waktu                          : 6 Pertemuan ( 3 x 45 menit )

A.      Kompetensi Inti (KI)
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prose-dural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.       
1.1.    Mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas pemberian amanah untuk mengelola administrasi keuangan entitas.
1.2.    Mengamalkan ajaran agama dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan informasi keuangan yang mudah dipahami, relevan, andal dan dapat diperbandingkan.
2.
2.1.    Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan memahami pengetahuan dasar tentang komputer akuntansi.
2.2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, responsif dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif dalam lingkungan sosial sesuai dengan prinsip etika profesi bidang komputer akuntansi.
2.3.    Menghargai kerja individu dan kelompok serta mempunyai kepedulian yang tinggi dalam menjaga keselarasan lingkungan sosial, lingkungan kerja dan alam.
3
3.1.    Menjelaskan konsep komputerisasi akuntansi dan spesifikasi sistem komputer yang diperlukan untuk menginstal program aplikasi komputer akuntansi yang dipilih.

3.2.    Mendeskripsikan proses pembuatan file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa
3.1.1. Mengidentifikasi SpesifikasiKomputer yang diperlukan dalam menginstal Program Aplikasi Komputer

3.1.2. Mengidentifikasi Jenis-Jenis Program Komputerisasi Akuntansi


3.2.1 memahami Proses Pembuatan File data akuntansi baru untuk perusahaan jasa

3.2.2. Dapat mengecek Informasi perusahaan

4
4.1.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
4.1.1.      Menginstal program aplikasi komputer akuntansi pada sistem komputer yang telah dipersiapkan.
4.1.2.      Membuat file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa
4.1.3.      Dapat mengecek Informasi Perusahaan

C.       Deskripsi Materi Pembelajaran
Lingkup uraian materi pada kegiatan belajar 1 ini meliputi:
1.  Instalasi Program MYOB
2.  Menu Format Tanggal dan Simbol Mata Uang
3.  Penyesuaian Format Tanggal dan Simbol Mata Uang
4.  Pembuatan File Data Baru
5.  Pengecekan Informasi Perusahaan

D.      Kegiatan Pembelajaran

1.        Kegiatan Pendahuluan
1.        Salah seorang peserta didik memimpin berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
2.        Peserta didik dan pendidik melakukan curah pendapat tentang program Aplikasi Komputerisasi Akuntansi
3.        Pendidik menyampaikan  tujuan pembelajaran.Peserta didik menyepakati kegiatan yang akan dilakukan.

2.        Kegiatan Inti
1.      Mengamati
·   Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok yaitu tentang instalsi program MYOB, cara merubah format tanggal sertacara pembuatan file baru dan informasi perusahaan
·   Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok

2.      Menanya
merumuskan pertanyaan untuk mengidentifikasi masalah terkait dengan materi pokok baik itu tentang kendala

3.      Mengeskplorasi
·   Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok

4.      Mencoba
·   Mempraktekkan langkah-langkah pemecahan masalah didasarkan pada solusi yang ditentukan
·   Memilih alternatif pemecahan masalah lainnya

5.      Menyimpulkan
·   Membuat kesimpulan tentang masalah dan solusinya
·   Mengaitkan dengan konsep dan masalah lainnya

3.        Kegiatan Penutup
1.      Peserta didik membuat rangkuman.
2.      Peserta didik dengan panduan pendidik melakukan refleksi, misalnya mereviu bagian mana yang perlu dijelaskan lebih lanjut.
3.      Peserta didik mencatat informasi tentang tugas untuk pertemuan Selanjutnya
4.      Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.
E.       Penilaian
1.    Teknik penilaian (terlampir)
2.    Instrumen penilaian dan pedoman penskoran (terlampir)

F.        Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media                        :  Persentasi bahan Ajar
2. Alat                            :  Laptop dan LCD
3. Sumber Belajar   :
a)      Buku Siswa Komputer Akuntansi Kelas XI Kementerian Pendidikan dan kebudayaan  Republik Indonesia, 2013
b)      Buku Guru Komputer Akuntansi Kelas XI Kementerian Pendidikan dan kebudayaan  Republik Indonesia, 2013



Penilaian Hasil Belajar
1.       Teknik Penilaian : pengamatan, tes tertulis
2.       Prosedur Penilaian:

No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
     Terlibat aktif dalam pembelajaran tentang konsep komputerisasi akuntansi dan spesifikasi sistem komputer yang diperlukan untuk menginstal program aplikasi komputer akuntansi yang dipilih, mendiskripsikan  proses pembuatan file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa
      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
     Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
     Menjelaskan kembali konsep komputerisasi akuntansi dan spesifikasi sistem komputer yang diperlukan untuk menginstal program aplikasi komputer akuntansi yang dipilih dan mendiskripsikan  proses pembuatan file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa

Pengamatan dan tes tertulis

Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.
Keterampilan
     Mampu mengevaluasi tentang konsep komputerisasi akuntansi dan spesifikasi sistem komputer yang diperlukan untuk menginstal program aplikasi komputer akuntansi yang dipilih, dapat membuat file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa serta dapat mengecek informasi perusahaan

Pengamatan

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi


J.       Instrumen Penilaian Hasil belajar 
Terlampir




Tes tertulis

Mata Pelajaran            :  Komputer Akuntansi
Kelas/Semester            :  X / 1
Tahun Pelajaran           :  2014/2015
Kompetensi dasar     

3.1.             Menjelaskan konsep komputerisasi akuntansi dan spesifikasi sistem komputer yang diperlukan untuk menginstal program aplikasi komputer akuntansi yang dipilih.

3.2.            Mendeskripsikan proses pembuatan file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa

4.1              Menginstal program aplikasi komputer akuntansi pada sistem komputer yang telah dipersiapkan.


Indikator                    : 

1. Unsur-unsur  yang  saling  mempengaruhi  dalam  sistem  komputerisasi akuntansi:
a.  Softwares, Hardwares, Program Applications, Inputs dan Outputs.
b.  Hardwares, Softwares, Input, dan Outputs
c.  Softwares, Hardwares, Brainwares, inputs dan Outputs.
d.  Input, Hardwares, Softwares, Process, dan Output.
e.  Hardwares, Program Aplication, inputs dan Outputs.

2.  Program MYOB termasuk kelompok:
a.  Input dan Output
b.  Hardwares
c.  Process
d.  Softwares
e.  Brainwares

3.  Format tanggal program MYOB Sejak awal adalah:
a.  YYYY/MM/DD
b.  DD/MM/YYYY
c.  MM/DD/YYYY
d.  YYYY/DD/MM
e.  MM/YYYY/DD

4.  Menu yang digunakan untuk pembuatan file data bisnis baru:
a.  Explore
b.  What’s New
c.  Open
d.  Create
e.  Exit.

5.  Kolom informasi perusahaan yang harus diisi (tidak boleh kosong):
a.  Serial Number
b.  Company Name
c.  Address
d.  Phone and fax number
e.  Email Address. 

6.  Yang dimaksudkan dengan Current Financial Year:
a.  Periode akuntansi yang sedang berjalan
b.  Periode akuntansi yang akan datang
c.  Periode akuntansi yang lalu
d.  Periode akuntansi selama perusahaan beraktivitas
e.  Periode akuntansi tertentu.

7.  Yang dimaksud dengan Last Month of Financial Year:
a.  Bulan awal dari periode akuntansi
b.  Bulan awal dan akhir dari periode akuntansi
c.  Bulan akhir dari periode akuntansi
d.  Akhir bulan (Desember) dari periode akuntansi
e.  Akhir bulan (Januari) dari periode akuntansi

8.  Yang dimaksud dengan Conversion Month:
a.  Bulan saat terjadinya transaksi keuangan
b.  Bulan pertama digunakan komputer akuntansi
c.  Bulan awal periode akuntansi yang berjalan
d.  Bulan akhir periode akuntansi yang berjalan
e.  Bulan pergantian periode akuntansi

9.  Jika  perusahaan  menggunakan  jumlah  periode  13  bulan,  maka  bulan  ke-13 khusus untuk:
a.  Mencatat transaksi bulan Desember
b.  Mencatat transaksi awal periode
c.  Mencatat transaksi penyesuaian (adjustment)
d.  Mencatat transaksi kesalahan
e.  Mencatat rekonsiliasi akun-akun tertentu

10.  Nama file data bisnis harus unik, artinya:
a.  Nama file harus mudah diingat
b.  Nama file harus mudah ditemukan atau dicari
c.  Nama file harus spesifik tidak ada yang menyamai
d.  Nama file harus sama digunakan berkali-kali
e.  Nama file disimpan di folder khusus  





RUBRIK PENILAIAN

No.
Soal
Kunci Jawaban
Skor
1.
C
1
2.
D
1
3.
C
1
4.
D
1
5.
B
1
6.
A
1
7.
C
1
8.
B
1
9.
C
1
10.
C
1
Skor maksimum
10



LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP

Mata Pelajaran            :  Komputer Akuntansi
Kelas/Semester            :  X / 1
Tahun Pelajaran           :  2014/2015
Kompetensi dasar     :   

2.1.       Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan memahami pengetahuan dasar tentang komputer akuntansi.

2.2.       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, responsif dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif dalam lingkungan sosial sesuai dengan prinsip etika profesi bidang komputer akuntansi.

Indikator                    :   
1.Terlibat aktif dalam pembelajaran Komputerisasi Akuntansi.
2.Bekerjasama dalam kegiatan kelompok
3.Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

Rubrik Penilaian Sikap

No
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
1
aktif dalam pembelajaran
sama sekali tidak ambil bagian dalampembelajaran
sudah ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten
sudah ambil bagian  dalam pembelajaran  secara terus menerus dan ajeg/konsisten
2
bekerjasama dalam kegiatan kelompok
sama sekali tidak berusaha untukbekerjasama dalam kegiatan kelompok
sudah bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
Sudahbekerjasama dalam kegiatan kelompoksecara terus menerus dan ajeg/konsisten
3
toleran terhadap proses pemecahan masalah
sama sekali tidak bersikap toleranterhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
sudah ttoleranterhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
Sudah toleranterhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Skor Maksimum
9







Penilaian Sikap
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Sikap
Skor
Aktif
Kerjs sama
Toleran
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
…………………………………..
2
…………………………………..
3
…………………………………..
4
…………………………………..
….
Dst


                                Total
Skor  =    -------------  x 10
                                    9



LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN

Mata Pelajaran            :  Komputer Akuntansi
Kelas/Semester            :  X / 1
Tahun Pelajaran           :  2014/2015
Kompetensi dasar     :  

4.1 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Indikator                    :   

4.1.1.      Menginstal program aplikasi komputer akuntansi pada sistem komputer yang telah dipersiapkan.
4.1.2.      Membuat file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa
4.1.3.      Dapat mengecek Informasi Perusahaan



Buatlah file data baru menggunakan program MYOB versi18 untuk perusahaan jasa Rio Interior Design (lihat Kasus 2 di Lembar Kerja Peserta Didik), dengan rincian sebagai berikut:
Instruksi:
1.        Tes ini dikerjakan secara individu, tidak dibenarkan dikerjakan oleh peserta didik secara berkelompok.
2.        Pada  akhir  waktu  tes  diminta  setiap  peserta  didik  menyerahkan hasil pekerjaannya dalam bentuk file.
3.        Tugas 1, Menginstal Program MYOB 18
4.        Tugas 2. mencatat identitas perusahaan secara lengkap.
5.        Tugas 3, menetukan periode akuntansi.
6.        Tugas 4, menentukan nama folder (My Documents/Data MYOB 18 dan nama file RIOD-nama peserta didik masing-masing.

Hasil Evaluasi :
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................


Waktu Pengamatan        :
Indikator terampil : mampu Menginstal program aplikasi komputer akuntansi pada sistem komputer yang telah dipersiapkan.,Membuat file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa dan Dapat mengecek Informasi Perusahaan
1.       Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat Menginstal program aplikasi komputer akuntansi pada sistem komputer yang telah dipersiapkan.,Membuat file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa dan Dapat mengecek Informasi Perusahaan
2.       Terampiljika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menerapkan Menginstal program aplikasi komputer akuntansi pada sistem komputer yang telah dipersiapkan.,Membuat file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa dan Dapat mengecek Informasi Perusahaan tetapi belum tepat.
3.       Sangat terampill,jika menunjukkan adanya  usaha untuk Menginstal program aplikasi komputer akuntansi pada sistem komputer yang telah dipersiapkan.,Membuat file data akuntansi baru untuk perusahaan jasa dan Dapat mengecek Informasi Perusahaan dan sudah tepat.

Penilaian Ketrampilan
NO
NAMA SISWA
Ketrampilan
Total
Skors
1
2
3
4
KT
T
ST
KT
T
ST
KT
T
ST
KT
T
ST
1





2





Dst





Keterangan:
KT        : Kurang terampil  / Isi dengan angka 1
T          : Terampil / Isi dengan angka 2
ST        : Sangat terampil / Isi dengan angka 3

                                 Total
Skor  =    -------------  x 10
                                    12

Mengetahui,
Kepala SMK YAPIS FAKFAK





SUMARWAN, S.Pd
NIP. 19680814 199501 1 001
Fakfak, September 2014
Guru Mata Pelajaran





SYAHBAN BAKRI, S.Pd. M.M
NIP. 19830610 200909                                              



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Search